Headlines News :
Home » » Ini Alasannya Kenapa Disebut Jepang

Ini Alasannya Kenapa Disebut Jepang

Ditulis Oleh: MuTiaRa MawAr uNGu | Jumat, 02 November 2012 | 21:03 WIB | 5 comments

Foto Indonesian Japanese Style - Fuji Japan Cherry Blossoms and Mount.

TOPENGKACAKU.COM - Bangsa Jepang menjadi bangsa yang berharga di mata dunia, terlepas dari 'kebengisannya' saat menjajah di beberapa kawasan Asia.

Pasti penasaran kenapa disebut sebagai Jepang, gimana sih awal mulanya?

Berdasar penelusuran TopengKaca-Ku satu di antaranya melalui wikipedia, Jepang sebenarnya disebut Nippon atau Nihon dalam bahasa Jepang.

Kedua kata ini ditulis dengan huruf kanji yang sama yang secara harfiah memiliki makna sebagai asal-muasal matahari. Ini sebuah alasan kenapa Jepang juga disebut sebagai Negeri Matahari Terbit.

Sebenarnya pemerintah Jepang lebih suka dengan sebutan Nippon. Dan kata ini sering digunakan dalam urusan resmi, termasuk nama negara dalam uang Jepang, perangko, dan pertandingan olahraga internasional.

Sedangkan, sebutan Nihon digunakan dalam urusan tidak resmi seperti pembicaraan sehari-hari.

Kata Nippon dan Nihon berarti negara atau negeri matahari terbit. Nama ini muncul dan terdokumentasikan dalam korespondensi Kekaisaran Jepang dengan Dinasti Sui di Cina. Selain itu merujuk dari letak Jepang yang berada di sebelah timur daratan Cina.

Sebelum Jepang memiliki hubungan dengan Cina, negara ini dikenal sebagai Yamato. Di Cina pada Zaman Tiga Negara, sebutan untuk Jepang adalah negara Wa. Jepang merupakan satu bagian dari sebutan tiga negara tersebut.

Melalui telaahan bahasa Cina dengan dialek Shanghai yang termasuk salah satu dialek Wu, aksara Cina dibaca sebagai Zeppen. Dalam dialek Wu, aksara tersebut secara tidak resmi dibaca sebagai ni, sementara secara resmi dibaca sebagai ze. Dalam beberapa dialek Wu Selatan, dibaca sebagai nipen yang mirip dengan nama dalam bahasa Jepang.

Sementara itu kata Jepang dalam Bahasa Indonesia kemungkinan berasal dari bahasa Cina, tepatnya bahasa Cina dialek Wu tersebut. Bahasa Melayu kuno juga menyebut negara ini sebagai Jepang. Namun ejaan bahasa Malaysia sekarang menjadi Jepun.

Kata Jepang dalam bahasa Melayu ini kemudian dibawa ke Dunia Barat oleh pedagang Portugis, yang mengenal sebutan ini ketika berada di Malaka pada abad ke-16. Merekalah yang pertama kali memperkenalkan nama bahasa Melayu tersebut ke Eropa.

Dokumen tertua dalam bahasa Inggris yang menyebut tentang Jepang adalah sepucuk surat dari tahun 1565, yang di dalamnya bertuliskan kata Giapan. (rob)
Share this post :
Tentang TopengKaca-Ku
TopengKaca-Ku lahir karena kecintaan yang begitu mendalam pada komik Topeng Kaca. Semoga TopengKaca-Ku bisa menjadi rumah bagi para Topeng Kaca Lovers khususnya yang ada di seluruh Indonesia. Thanks for visiting here
Jika teman-teman menyukai Artikel di TopengKaca-Ku, Silahkan klik di sini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu teman-teman akan mendapat info setiap ada artikel baru yang terbit di TopengKaca-Ku.

+ comments + 5 comments

5 November 2012 22.03

Wahhh, ternyata sejarah asal-muasalnya seperti itu ya Sob. Jujur saja saya bari tahu seteah membaca artikel ini.

Oh ya, salam kenal, salam berbagi, dan tidak lupa saya sampaikan terimakasih atas berkenannya mengeposkan komentar di blog saya sehingga akhirnya saya dapat berkunjung ke blog ini. :)

5 November 2012 22.08

@Semar BingungHehehe.. makasih Sob dah mampir balik :)

Anonim
14 November 2014 10.06

Terimakasih Informasinya ..:)

2 Februari 2016 14.09

thank you infonya

2 Februari 2016 14.10

wow....thank you infonya

Posting Komentar

Mohon komentar dengan baik ya.
Komentar TANPA NAMA (Anonymous) kemungkinan tidak akan direspons.

Gunakan Name/URL jika tidak mempunyai Google Accounts
- Nama: Masukkan nama Anda dengan jelas
- URL: Masukkan alamat email atau link web/blog Anda atau link Facebook account Anda.

 
Copyright © 2010. TopengKaca-Ku - All Rights Reserved
Site Owner: Mutiara Mawar Ungu