Headlines News :
Home » » Alasan Kenapa Jepang Dihargai Bangsa Lain

Alasan Kenapa Jepang Dihargai Bangsa Lain

Ditulis Oleh: MuTiaRa MawAr uNGu | Jumat, 02 November 2012 | 21:32 WIB | 4 comments

Foto Bilogizma - Tokyo Tower.

TOPENGKACAKU.COM - Masih ingat sebutan warga Indonesia oleh negara tetangga Malaysia? Warga Indonesia disebut dengan olok-olok Indon sebuah sebutan yang memiliki maksud merendahkan.

Belum dengan kasus terakhir sebuah iklan 'PRT Indonesia on sale' sebuah iklan yang menyakiti rakyat Indonesia karena TKI dianggap layaknya budak yang bisa diperjualbelikan.

Padahal dulu dari sisi perekonomian dan pendidikan Malaysia kalah jauh. Banyak warga Malaysia yang harus ke Indonesia untuk menyelesaikan studi perguruan tinggi karena dianggap memiliki kualitas yang lebih baik. Namun kini sebaliknya, kualitas pendidikan Indonesia dianggap lebih buruk dari Malaysia, dan tak dipungkiri berbondong-bondong warga Indonesia kerja di Malaysia di sektor tenaga kerja level rendah kalau tak menjadi buruh ya PRT.

Maka tak heran harga diri bangsa Indonesia rendah di mata Malaysia. Jalan satu-satunya agar kita berharga paling tidak di mata Malaysia dengan menunjukkan Indonesia kuat dan lebih maju baik dari sisi pendidikan, kesehatan dan terutama SDM.

Hal tersebut yang perlu dipelajari dari bangsa Jepang. Seperti dilansir dari situs Wikipedia di masa lalu orang Jepang pada awalnya bahkan sedikit meremehkan perilaku orang-orang asing yang baru tiba. Jepang memiliki tradisi tinggi dengan tata cara makan yang penuh tata cara dan sopan santun.

Dimulai sejak kedatangan Portugis pertama kali pada tahun 1543 di Pulau Tanegashima. Sebuah catatan kontemporer Jepang menceritakan tentang perilaku makan yang dianggap rendah.

"Mereka makan dengan jari-jari mereka, bukan dengan sumpit seperti yang kita pergunakan. Mereka menunjukkan perasaan mereka tanpa pengendalian diri. Mereka tidak dapat memahami arti dari karakter tertulis," dikutip dari Boxer, 'Christian Century'.

Meski demikian orang Jepang kemudian cukup cepat mengadopsi beberapa teknologi dan praktik-praktik budaya dari para pendatang, baik dalam bidang militer (arquebus, baju zirah gaya Eropa, kapal Eropa). Kemudian agama Kristen, seni dekoratif dan bahasa yakni masuknya kosakata Barat ke dalam bahasa Jepang.

Dan dari sisi kuliner, Portugis memperkenalkan tempura dan yang terlebih berharga lagi yaitu gula halus, sehingga terciptalah nanban-gashi atau 'wagashi dengan angin baru', serta berbagai panganan seperti castella, kompeito, aruheitō, karumera, keiran sōmen, bōro, dan bisukauto.

Pada masa itu kemudian banyak orang-orang asing yang dijadikan sahabat oleh penguasa-penguasa Jepang, dan kemampuan mereka kadang-kadang diakui bahkan sampai pada tingkatan untuk mengangkat salah satu di antara mereka menjadi samurai contohnya William Adam, hingga memberinya sebuah wilayah perdikan di Semenanjung Miura, sebelah selatan Edo.

Sementara itu Eropa di masa Renaisans cukup mengagumi Jepang. Negeri ini dianggap sangat kaya akan logam mulia, terutama karena catatan Marco Polo mengenai kuil-kuil dan istana-istana berlapis emas, namun juga karena relatif berlimpahnya bijih logam di permukaan tanah, sebagaimana yang terdapat di negara vulkanik.

Selama periode tersebut, pertambangan berskala besar seperti pada masa industrialisasi belum memungkinkan, namun Jepang kemudian merupakan eksportir utama untuk tembaga dan perak.

Jepang juga dianggap sebagai masyarakat feodal yang elegan, dengan budaya yang tinggi serta teknologi pra-industri yang kuat. Ia memiliki penduduk dan tingkat urbanisasi yang lebih besar daripada negara-negara Barat manapun. Jepang berpenduduk 26 juta dalam abad ke-16, sedangkan Perancis 16 juta dan Inggris 4,5.

Pada masa itu Jepang bahkan memiliki beberapa 'universitas' Buddha yang lebih besar daripada institusi pendidikan manapun di Barat, seperti Salamanca atau Coimbra. Beberapa pengamat Eropa waktu bahkan menulis bahwa Jepang tidak hanya unggul atas semua bangsa-bangsa Timur lain, mereka melampaui bangsa-bangsa Eropa juga, (Alessandro Valignano, 1584, 'Historia del principio y Progreso de la Compañía de Jesús en las Indias Orientales'.

Pendatang awal Eropa merasa terkesan pada kualitas pertukangan dan pengolahan logam Jepang. Hal ini disebabkan adanya fakta bahwa Jepang lebih miskin atas sumber daya alam yang umumnya ditemukan di Eropa, terutama besi. Karenanya, orang Jepang terkenal hemat dengan konsumsi sumber daya mereka; apa yang sedikit mereka miliki, mereka gunakan dengan keahlian yang tinggi.

Keberanian militer Jepang juga tercatat dengan baik. Sebuah dekrit kerajaan Spanyol tahun 1609 secara spesifik memerintahkan para komandan Spanyol di Pasifik agar 'tidak merisikokan reputasi pasukan dan negaranya melawan para tentara Jepang.

Pasukan samurai Jepang di kemudian hari sempat dipekerjakan oleh Belanda di "Kepulauan Rempah-Rempah" (Maluku) untuk melawan Inggris.

Itu cerita di masa lalu, namun kini di bidang transportasi Jepang unggul. Ajang MotoGP misalnya bahkan sudah dalam beberapa bekade dua motor besutan Jepang, Honda dan Yamaha selalu juarai tiap seri MotoGP. Jadi saatnya bangkit dan tiru kedisiplinan dan loyalitas terhadap kerja dan kemajuan bangsa. Indonesia kelak akan lebih maju di antara negara-negara sekitar. (rob)
Share this post :
Tentang TopengKaca-Ku
TopengKaca-Ku lahir karena kecintaan yang begitu mendalam pada komik Topeng Kaca. Semoga TopengKaca-Ku bisa menjadi rumah bagi para Topeng Kaca Lovers khususnya yang ada di seluruh Indonesia. Thanks for visiting here
Jika teman-teman menyukai Artikel di TopengKaca-Ku, Silahkan klik di sini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu teman-teman akan mendapat info setiap ada artikel baru yang terbit di TopengKaca-Ku.

+ comments + 4 comments

ijin nyimak info nya gan
keren nih, menarik dan bermanfaat sekali
thanks ya, sukses terus

informasi yang sangat menarik dan bermanfaat nih gan
senang bisa berkunjung ke blog anda
terimakasih banyak

senang bisa berkunjung ke bloga anda, infonya sangat mernarik dan bermanfaat
terimakasih, sukses terus

bagus gan info nya saya suka
terimakasih gan

Posting Komentar

Mohon komentar dengan baik ya.
Komentar TANPA NAMA (Anonymous) kemungkinan tidak akan direspons.

Gunakan Name/URL jika tidak mempunyai Google Accounts
- Nama: Masukkan nama Anda dengan jelas
- URL: Masukkan alamat email atau link web/blog Anda atau link Facebook account Anda.

 
Copyright © 2010. TopengKaca-Ku - All Rights Reserved
Site Owner: Mutiara Mawar Ungu